NEWS
DETAILS
Rabu, 12 Feb 2020 10:03 - Street Fire Batam

Pembukaan Honda Student Basketball League (HSBL) 2020 di Hi-Test Arena, Sabtu (8/2/2020) berlangsung meriah dan gemerlap. Pembukaan event yang digelar untuk kelima kalinya ini dimeriahkan tari dan musik.

Pembukaan event ini dihadiri langsung Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kepri, Maifrizon; Regional Head Honda Kepri, Harry Sutiono; Direktur Utama Batam Pos, Candra Ibrahim; Direktur Batam Pos, Guntur Marchista Sunan; bakal calon Ketua KONI Kepri Usep RS, dan sejumlah tamu undangan lainnya. Selain itu, seluruh peserta kejuaraan juga hadir dalam pembukaan HSBL 2020.

Regional Head Honda Kepri, Harry Sutiono, mengucapkan terima kasihnya atas keikutsertaan SMA/SMK se-Kepri dalam HSBL 2020. Selain itu, Harry juga berharap bisa menggelar Deteksi Basketball League (DBL) di Kepri.

”Harapan dari tahun ke tahun semenjak gelaran tahun pertama bisa menarik DBL untuk diselenggarakan di Kepri. Tetapi hingga kini pihak DBL masih mencoba untuk menelaah animo basket di Kepri,” tuturnya.

Harry mengajak seluruh pemangku kepentingan basket untuk bekerja sama menunjukkan jika Kepri layak untuk menggelar DBL. ”Apalagi dari tahun ke tahun animo basket di Kepri kian meningkat,” ungkap Harry.

Di tahun kelima penyelenggaraan ini, HSBL diikuti 26 tim yang terbagi menjadi 20 tim putra dan enam tim putri.

”Ini kompetisi bola basket tertinggi yang dilaksanakan di tingkat pelajar SMA se-Kepri,” katanya.

”Semoga pertandingan berjalan dengan fair play dan tunjukkan kemampuan dalam bermain basket. Kalah menang bukan yang utama, tetapi untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan dalam bermain bola basket,” harap Harry.

Dirut Batam Pos Candra Ibrahim mengatakan, kejuaraan ini adalah bentuk kerja sama Honda Capella dengan Batam Pos. ”Kini memasuki tahun kelima,” ujarnya.
Candra berharap, melalui gelaran ini, olahraga bola basket di Kepri bisa terus berkembang.

”Batam Pos concern dalam melakukan pembinaan olahraga terutama olahraga milenial,” kata Candra.

Menurutnya, ini wujud tanggung jawab moral Batam Pos untuk memajukan olahraga di Kepri.

Candra berharap kejuaraan ini bisa berlangsung lancar dengan semangat fair play. Juga agar kejuaraan ini menjadi ajang mengasah kemampuan olahraga bola basket di Kepri.

”Karena ini menjadi harapan kita semua untuk konsisten dalam mengembangkan bola basket di Batam dan Kepri,” pinta Candra.

Sementara itu, Kadispora Kepri Maifrizon, memberikan apresiasinya pada Batam Pos dan Honda Capella yang rutin dan konsisten menggelar kejuaraan HSBL ini.

”Pemprov Kepri memberikan apresiasi dan penghargaan pada Honda dan Batam Pos yang konsisten dalam menumbuhkan minat dan bakat basket di Kepri,” tuturnya.

Maifrizon menjelaskan, Kepri pernah memiliki sejarah hebat dalam dunia perbasketan nasional.

”Kepri pernah menjadi juara Sumatera dan juga pernah menjadi nomor dua di Indonesia,” jelas Maifrizon.

Karenanya Pemprov Kepri berusaha untuk terus meningkatkan dan mengembalikan kejayaan basket Kepri.

Ia juga menjelaskan, Juli mendatang akan digelar Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) di Natuna. Selain itu, juga akan diselenggarakan Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (Popwil) Sumatera, September mendatang.

”Melalui event-event ini akan bermunculan atlet-atlet pelajar yang akan mewakili Kepri di ajang regional dan nasional mendatang. Terus bertanding, kemenangan bukan segalanya. Persahabatan yang terpenting dalam setiap kejuaraan,” pinta Maifrizon.

Pembukaan HSBL 2020 dimeriahkan dengan hiburan tari Pesona Nusantara dari Sanggar Duta Santarina. Selain itu, peserta dan tamu undangan juga dihibur penampilan peserta The Voice Kids asal Kepri, Michelle.

Hari pertama HSBL 2020 digelar sebanyak lima pertandingan. Empat pertandingan putra dan satu pertandingan putri. Empat pertandingan putra adalah SMA Maitreyawira vs SMA Djuwita, SMAN 17 vs SMA Maha Bodhi, SMAN 1 Tanjungpinang vs SMKN 1 Batam, dan SMK Yehonala vs SMA Kartini.

”Untuk putri digelar pertan-dingan antara SMA Mondial vs SMA Yos Sudarso,” terang ketua kejuaraan, Alex.

Bermain dalam laga pembuka, SMA Maitreyawira tak kesulitan untuk menundukkan perlawanan SMA Djuwita. SMA Maitreyawira menang atas SMA Djuwita dengan skor 56-27.

Sementara, di pertandingan kedua, SMA Mondial kalah dua bola dari SMA Yos Sudarso. Laga di kategori putri ini berakhir dengan skor 24-28 untuk kemenangan SMA Yos Sudarso.

Di laga ketiga, SMA Maha Bodhi menang telak atas SMAN 17 Batam dengan skor telak 9-99. Sedang SMAN 1 Tanjungpinang menang atas SMKN 1 Batam dengan skor 35-27.
Sedang untuk laga SMK Yehonala vs SMA Kartini, Yehonala menang dengan skor 33-13.

RELATED
NEWS
UPCOMING
EVENTS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK